Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
PEMANFAATAN SUMBER DAYA GENETIK TANAMAN PAKAN UNTUK TERNAK RUMINANSIA (Indigofera zollingeriana) PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Kamis, 21 Desember 2017 08:27
Dibaca: 40 kali

Hijauan pakan memiliki peran yang sangat strategis dalam sektor pertanian utamanya sub-sektor peternakan. Hijauan sebagai pakan utama ternak ruminansia menjadi faktor penentu keberhasilan usaha ternak. Kekurangan hijauan pakan akan berpengaruh terhadaap performa pertumbuhan ternak. Keterbatasan asupan hijauan utamanya pada musim kemarau dapat menyebabkan lambatnya pertumbuhan ternak. Leguminosa Indigofera yang telah ditanam dan dikembangkan di Kebun Percobaan Loka Penelitian Kambing Potong Sei Putih sejak tahun 2008 telah diidentifikasi sebagai Indigofera zollingeriana.

Leguminosa I. zollingeriana telah digunakan sebagai pakan kambing Boerka sedang tumbuh dengan palatabilitas yang cukup baik meskipun baru pertama kali diberikan untuk dikonsumsi. Rataan konsumsi segar Indigofera sp. relatif sebanding dengan Leucaena leucocephala (853 vs 763 g/e/h) pada uji palatabilitas I. zollingeriana dan L. Leucocephala, “Sirait et al. (2009)”. Hal yang sama juga terjadi untuk konsumsi bahan kering (187g/e/h untuk Indigofera sp. 194 g/e/h untuk L. leucocephala). Hal ini menunjukkan bahwa leguminosa I. zollingeriana cukup disukai (palatable) sebagai pakan kambing.

Leguminosa pohon I. Zollingeriana dan rumput lapangan dalam komposisi berbeda (rumput disubstitusi dengan leguminosa 25, 50, dan 75%) telah diberikan sebagai pakan kambing Boerka sebanyak 16 ekor. Rumput yang digunakan adalah rumput alam Otochloa nodusa. Hasil penelitian menunjukkan total konsumsi bahan kering pada keempat taraf pemberian rumput dan I. zollingeriana tidak berbeda nyata, namun Kandungan protein kasar rumput O. nodusa sangat berbeda nyata dengan I. zollingeriana (9 vs 24%).

Hasil penelitian menunukkkan Leguminosa pohon I. zollingeriana potensial dimanfaatkan sebagai pakan ternak kambing, pro-duksinya cukup tinggi (11,42 ton BK/ha/panen) serta kualitas nutrisinya baik (protein kasar 24,17% dan energi kasar 4.038 KKal/kg). Tanaman ini dapat digunakan sebagai pakan basal pengganti rumput hingga 75% dengan palatabilitas yang tinggi dan menjadi sumber protein murah untuk ternak kambing.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com