Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
PENGEMBANG 40 JENIS RUMPUT PAKAN TERNAK RUMINANSIA PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 22 Desember 2017 07:43
Dibaca: 103 kali

Loka Penelitian Kambing Potong adalah satu-satunya Pusat Penelitian Kambing Potong di Indonesia yang berada dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian yang berada di Desa Sei Putih, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Luas area yang dimiliki berkisar 48,8 ha dan 34 ha diantaranya adalah untuk kebun percobaan rumput (kebun rumput), 3 ha untuk kandang dan kantor sedangkan 10,8 ha lagi untuk perumahan. Jadi jangan heran sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah hijauan rumput yang begitu luas.

Rumput - rumput tersebut tidak tumbuh dengan sendirinya lazimnya rumput liar yang ada disela-sela tanaman petani. Rumput tersebut justru ditanam tidak hanya sebagai bahan penelitian saja tetapi juga sebagai sumber utama pakan hijauan dari ternak kambing potong yang dibudidayakan di Loka Penelitian Kambing Potong. “Ada 40 jenis rumput yang kami kembangkan di Loka Penelitian Kambing Potong ini ditambah 37 etnis legum. Untuk legum itu sendiri ada 2 jenis yakni legum herba dan legum pohon. Sedangkan untuk jenis rumput, di Loka Penelitian Kambing Potong inilah yang terlengkap”, ujar Misro Aliandi selaku Kepala Kandang dan Kebun Percobaan.

Beliau menambahkan, dari 40 jenis rumput yang kami kembangkan ada tujuh jenis rumput unggul yang sudah dilepas sebagai rekomendasi pakan hijauan. Ketujuh rumput tersebut yakni, Brachiaria ruziziensis, Brachiaria humidicola, Paspalum queosnavum, Digitaria milanjiana, Panicum maximum trichocholume ver hamil grass, Pennisetum Purpureum dan Stenotaphrum secundatum”. Ketujuh rumput ini sudah  disebar kepada pihak yang ingin mengembangkannya. Banyak jenis rumput alam yang mudah ditemui diantaranya rumput paitan, krakapan, patikan, wedhusan, prenthulan, kenthangan, teki dan trinyo. Begitu juga dengan kacang-kacangan diantaranya Jenis Centrosema, Calopogonium dan Mucuana sedangkan untuk rumput budidaya yang umum dikembangan adalah Ruziziensis, Gajah mini/odot dan Setaria.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com