Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Kalender Kegiatan

Pengiriman Bantuan dan Pengembangan Kambing Boerka dari Loka Penelitian Kambing Potong ke Nusa Tenggara Barat (NTB) PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 31 Agustus 2018 16:27
Dibaca: 114 kali

Dalam rangka pemulihan ekonomi rumah tangga peternak kambing di beberapa kabupaten/kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat  pasca bencana gempa bumi 6,4; 7,0; dan 6,9 skala Richter yang berturut-turut terjadi pada tanggal 29 Juli, 5 Agustus 2018 yang berlokasi di Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kota Mataram, Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat maka Loka Penelitian Kambing Potong melakukan pengiriman kambing Boerka dari Sei Putih ke Nusa Tenggara Barat sebanyak 150 ekor. Hal ini dilakukan dalam rangka hibah kepada korban bencana gempa yang dialami oleh masyarakat NTB sebanyak 50 ekor, selain itu kambing boerka tersebut juga dikirim dalam rangka kerjasama Loka Penelitian Kambing Potong dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian NTB sebanyak 100 ekor. Bapak Kepala Loka (Dr. Ir. Simon Elieser, M.Si) memberangkatkan pengiriman kambing Boerka tersebut pada hari Jumat, 31 Agusutus dari Loka Penelitian Kambing Potong.

Sesuai dengan keputusan Badan Litbang Pertanian dan berdasarkan permohonan Ketua Posko Utama Kementerian Pertanian Peduli Bencana Gempa Bumi NTB di BPTP Balitbangtan NTB kepada Loka Penelitian Kambing Potong  maka Loka Penelitian Kambing Potong memberikan sebanyak 50 ekor kambing Boerka tersebut ke masyarakat Lombok dan akan langsung diserahkan kepada masyarakat kena musibah gempa di Lombok dan akan diserahkan kepada rumah tangga peternak yang layak mendapat bantuan.  Diberikan kepada 10 petani dan masing-masing petani mendapat 1 ekor jantan dan empat ekor betina.

Sesuai penandatangan kerjasama Loka Penelitian Kambing Potong dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian NTB bahwa Loka Penelitian Kambing Potong bekerjasama dalam pembibitan kambing Boerka. Pengiriman ternak kambing tersebut diharapkan dapat membantu NTB membuat pusat pembibitan kambing Boerka di sentra Indonesia Timur.

Sebelum kambing Boerka dikirim maka perlu prosedur yang matang seperti penyuntikan vitamin, menyediakan pakan yang secukupnya di jalan, menyediakan rumput hijau yang secukupnya juga, serta sudah bebas dari test RBT (Rose Bengal Test) dan  MCF (Malignant Catarrhal Fever).

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com