JM Hot News - шаблон joomla Окна
  • Boerka
    Kambing Pedaging Unggul
  • Integrasi Sawit dan Rumput Stenotaphrum Secundatum

Kulit buah markisa merupakan sumber energi yang potensial untuk nutrisi ternak kambing. Komposisi nutrisi lebih baik dibandingkan dengan dedak halus, sehingga dapat mensubstitusi penggunaan dedak dalam ransum. Pemanfaatan kulit buah markisa sebagai bahan pakan kambing dapat dilakukan dengan cara: 1. Sebagai komponen penyusun konsentrat dan 2. Sebagai komponen dalam pakan komplit (complete feed).

Hasil samping maupun produk limbah pertanian atau industri-agro sering menjadi alternatif yang menjanjikan dalam mendukung produksi ternak rumianansia, termasuk kambing.

Pengolahan buah markisa untuk menghasilkan jus markisa sebagai produk utama, menghasilkan sisa berupa kulit buah yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi baik sebagai komponen dalam pakan konsentrat maupun sebagai pakan dasar dalam mensubstitusi rumput.

Sebagai bahan dalam membuat konsentrat, kulit buah markisa dapat dimanfaatkan sebanyak 20-45% dengan taraf optimal sekitar 30%.

Respon pertumbuhan ternak kambing yang diberi pakan menggunakan bahan kulit buah markisa tergolong sangat baik dengan pertambahan bobot badan antara 60-105g dengan konversi pakan antara 8-14.