JM Hot News - шаблон joomla Окна

Hari Kesadaran Nasional (HKN) merupakan kegiatan yang rutin diperingati setiap bulannya pada tanggal 17, yang dilaksanakan dalam bentuk upacara bendera. Hal ini ditujukan untuk memantapkan kualitas pengabdian serta meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara.

Pelaksanaan peringatan upacara HKN hari ini dilakukan seperti biasanya, yaitu di lapangan kantor Loka Penelitian Kambing Potong dan dilaksanakan dengan penuh kekhikmadtan. Dengan amanat upacara bendera bertemakan dari kutipan yang pernah disampaikan oleh Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo) yaitu “Tidak ada orang yang sangat hebat atau sempurna. Kehebatan kita terletak di ketulusan dan keihklasan bukan tipu-tipu” yang disampaikan kembali oleh Kepala Loka Penelitian Kambing Potong.

Peringatan upacara di Hari Kesadaran Nasional ini merupakan upacara pembuka di tahun 2020 dengan harapan semakin menumbuhkan budi pekerti karakter bangsa, nilai kebangsaan dan nilai kebhinekaan. Dan sekaligus sebagai pengamalan Pancasila pada pasal ketiga yaitu “Persatuan Indonesia”.

Obor Pangan Lestari (OPAL) adalah upaya promosi penganekaragaman pangan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat oleh Unit Kerja Eselon I lingkup  Kementerian Pertanian, Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Kementerian Pertanian dan Dinas Provinsi dan Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pertanian dan/atau pangan, sebagai sarana percontohan untuk masayarakat dalam memanfaatkan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi.

 

Panen pertama OPAL telah dilaksanakan pada hari Rabu, 8 Januari 2020 bersama karyawan Lolitkambing dan warga sekitar komplek perumahan Lolitkambing. Dengan dominasi pengunjung diisi oleh Ibu-Ibu. Beberapa jenis sayuran yang dipanen ini meliputi cabe merah keriting, cabe rawit, mentimu, selada dan kangkung.

 

Kegiatan panen bersama ini juga diikuti dengan kegiatan pembagian bibit tanaman cabe dan pepaya kepada tiap pengunjung yang menginginkan.

Kegiatan ini disambut dengan penuh antusias, keseruan dan menyenangkan dari setiap pengunjung yang hadir. Dimana setiap pengunjung dapat memanen sayuran yang diinginkan sendiri. Dan tidak hanya itu, pengurus kegiatan juga membagikan 1 ikat sayuran yang dipanen kepada tiap pengunjung yang hadir, sedangkan sisanya akan dimasak  untuk acara makan bersama pada hari Jum’at tanggal 10 Januari 2020.
Kegiatan panen kedua pun telah dilaksanakan kembali kemarin sore, pada hari Rabu tanggal 15 Januari 2020.

Kegiatan ini cukup berkesan dan mendapat antusias yang baik dari pengunjung, “Kalau bisa sering-sering kek gini ya” tanggapan dari salah seorang pengunjung.

Pada tanggal 19-20 Desember 2019 Loka Penelitian Kambing Potong mendapatkan alat baru untuk Laboratorium Molekuler Ternak. Selain itu, pada hari yang sama dilaksanakan kegiatan pelatihan penggunaan mesin real time PCR oleh Perusahaan Science Werke. Kegiatan Pelatihan penggunaan Mesin Real Time PCR ini pada dasarnya untuk menyiapkan SDM Loka Penelitian Kambing Potong dalam pelaksanaan kegiatan molekuler. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Loka Penelitian Kambing Potong Dr. Ir. Fera Mahmilia, MP dan para peneliti serta teknisi laboratorium.

Pada hari pertama, kegiatan dimulai dengan memperkenalkan berbagai macam peralatan penunjang mesin real time PCR. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan uji coba penggunaan mesin yang dilakukan oleh salah satu Peneliti Lolit Kambing Alwiyah,  S.Pt. Hari kedua dilanjutkan dengan kalibrasi alat Mesin Real Time PCR oleh petugas dari PT. Science Werke. Selain itu juga diadakan diskusi mengenai penelitian yang dapat dilakukan dengan menggunakan mesin Real Time PCR.

Hari ini selasa 14 Januari 2020 Pukul 09.00 wib, Loka Penelitian Kambing Potong bagian BMN (Barang Milik Negara) mengadakan kegiatan konsolidasi guna untuk mendata inventaris kantor Loka Penelitian Kambing Potong. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui jumlah barang yang terdapat  pada inventaris Loka untuk kemudian disalurkan kembali ke bagian yang memerlukan. Kegiatan rapat  BMN ini dipimpin langsung oleh Dr.Ir. Fera Mahmilia,MP selaku Kepala Loka bersama peserta yang hadir antara lain yaitu Saddat Nasution,S.Pt,MP selaku KTU Lolit Kambing, drh. Anwar selaku kepala Rumah Tangga sekaligus PJ. Inventaris, Muhammad Syawal,S.Pt,M.Si mewakili Bagian Jasa Penelitian dan anggota tim BMN lainnya. Kegiatan ini berlangsung cukup singkat dan padat, dimana para PJ barang di anjurkan agar segera menarik kembali barang-barang untuk secepatnya dilakukan inventarisir. Dan dari hasil inventarisir akan ditata ulang kembali jumlah dan kebutuhan barang inventaris.

Kebun hijauan pakan rumput stenotaphrum secundatum yang berada di stasiun percobaan Loka Penelitian Kambing Potong dimonitoring oleh tim penilai dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Kunjungan kali ini dilakukan dalam rangka mendukung pelepasan rumput varietas stenotaphrum secundatum. Monitoring ini penting dilakukan untuk mempercepat proses pelepasan rumput tersebut. Kunjungan kali ini didampingi oleh Koordinator Pelayanan Teknik Rijanto Hutaosit, SP, M.Sc dan Peneliti Hijauan Pakan Ternak Ir. Juniar Sirait, M.Si dan Dr. Andi Tarigan, S.Pt, M.Si.