JM Hot News - шаблон joomla Окна

Jum’at, 29 Mei 2020 digelar acara melalui virtual konferensi dengan topik “Live Virtual Tour Galeri Peternakan Museum Tanah Dan Pertanian”. Acara ini merupakan undangan langsung dari Kepala Museum Tanah dan Pertanian (Rima Setiani, SP, MM) dengan mengangkat tema “Spesial Galeri Peternakan: Hulu-hilir Litbang Peternakan”. Acara ini menampilkan narasumber Dr. drh. NLP. Indi Dharmayanti, M.Si (Kepala Balai Besar Penelitian Veteriner), Dr. Andi Baso Lompengeng Ishak (Kepala Balai Penelitian Peternakan), Dr. Dicky Pamungkas (Kepala Loka Penelitian Sapi Potong), Dr. Fera Mahmilia, MP (Kepala Loka Penelitian Kambing Potong) dan Dr. Atien Priyanti, M.Si (Plh Ka Puslitbangnak).

 

Acara ini dibuka oleh Ka Perpustakaan dan Penyebaran Informasi Pertanian Kementerian Pertanian ( (Dr. Retno Sri Hartati Mulyandari, M.Si/ Kapustaka) dan dimoderatori oleh Kepala Museum Tanah dan Pertanian (Rima Setiani, SP, MM). Dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh masing-masing narasumber. Sebagai penutup dilakukan diskusi selama 10 menit. Acara ini ditutup pukul 09.10 wib. 

 

Dr. Fera Mahmilia, MP (Kepala Loka Penelitian Kambing Potong) mempresentasikan Teknologi unggul Loka Penelitian Kambing Potong, diantaranya ; Kambing Boerka Galaksi Agrinak, Teknologi pakan komplit berbasis limbah perkebunan, Indigofera Gozoll Agribun dan  Stenotaphrum secundatum.

Pustaka Kementerian Pertanian mengucapkan banyak terima kasih kepada narasumber yang telah menyampaikan berbagai inovasi dan teknologi. Karena salah satu tujuan digelarnya acara ini adalah untuk mempromosikan hasil penelitian Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

 

Bobot sapih sangat dipengaruh oleh ; genetik, umur sapih, kesehatan serta management pemeliharaan, terutama adalah aspek pemberian pakan.  Pemberian pakan akan berefek terhadap kemampuan induk untuk memproduksi susu selama masa pertumbuhan prasapih. Bobot sapih kambing Boerka Galaksi Agrinak  berkisar 10 kg - 12 kg,  sementara Kambing Kacang hanya 6 kg - 8 kg.  Pada pemeliharaan yang sama, pertumbuhan kambing Boerka Galaksi Agrinak lebih cepat dibanding kambing Kacang.

Kambing Boerka Galaksi  Agrinak telah ditetapkan dengan SK Menteri Pertanian Nomor 08/KPTS/PK.040/M/1/2020.

 

Kontributor : Fera Mahmilia

 

Kambing Kosta merupakan salah satu kekayaan sumber daya genetik ternak lokal Indonesia yang habitat aslinya di Propinsi Banten dan DKI Jakarta. Peternak kurang mengenal dan tidak menyadari bahwa kambing lokal ini potensial untuk dikembangkan sebagai penghasil daging yang relatif lebih tahan penyakit dan sudah adaptif dengan kondisi lingkungan, sosial budaya dan agroekosistim di Propinsi Banten.  Salah satu ciri khas kambing Kosta adalah terdapat motif garis yang sejajar pada bagian kiri dan kanan muka, selain itu terdapat bulu rewos pada bagian kaki belakang namun tidak sepanjang bulu rewos pada kambing ettawa.

Diperkirakan jumlah populasinya sudah semakin terbatas dan berada diambang kepunahan. Hal ini dibuktikan dengan sulitnya mendapatkan pejantan Kosta di daerah sentra kambing tersebut. Koservasi in-situ merupakan alternatif paling baik karena melibatkan masyarakat peternak kambing. Untuk mengoptimalisasinya, maka pemberdayaan masyarakat peternak perlu ditingkatkan melalui penyuluhan dan sosialisasi. Loka Penelitian Kambing Potong mempunyai koleksi Kambing Kosta ini sebanyak 72 ekor.

 

Kontributor  : Fera Mahmilia

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) beserta seluruh jajaran pegawai Kementerian Pertanian menyelenggaran Acara Halal Bihalal secara Virtual Konferensi. Acara Halal Bihalal dilaksanakan Selasa, 26 Mei 2020 di Ruang Agriculture War Room (AWR) BBSDLP Bogor dan dipimpin langsung oleh Menteri Pertanian (SYL). Acara tersebut terhubung lebih dari 500 kanal kantor di lingkungan Kementerian Pertanian seluruh Indonesia.

 

Halal Bihalal merupakan kegiatan tradisi setelah lebaran yang biasa dilakukan di Indonesia. Halal Bihalal dimaksudkan sebagai acara silaturahmi yang dilaksanakan setelah ibadah puasa Ramadhan dengan diisi kegiatan positif seperti saling bersilaturahmi dan bermaaf-maafan.

 

SYL mengatakan bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Dalam perjalanannya, pasti pernah melakukan kesalahan dan kekeliruan. Idul Fitri merupakan momentum untuk kembali fitrah, menjadi suci karena kita mau memaafkan satu dengan yang lain.

SYL juga menyampaiakan bahwa “maaf” menjadi penting. Kita melepaskan beban-beban kebencian, ganjalan. Makna itu mari kita hadirkan di hari fitri ini. Bukan hanya sekedar mengucapkan maaf, tapi kita mampu menyelesaikan secara proporsional, rasional dan normatif.

 

Kepala Loka Penelitian Kambing Potong (Dr. Ir. Fera Mahmilia, MP) menginstruksikan kembali kepada seluruh pegawai Loka Penelitian Kambing Potong untuk mengikuti kegiatan halal bihalal Kementerian Pertanian. Dan ikut pula meramaikan acara halal bihalal ini bersama jajaran pegawai Loka Penelitian Kambing Potong lainnya melalui virtual konferesi.

 

Acara ini di isi dengan tausiyah oleh Ustadz Maulana. Dan acara halal bihalal ini diakhiri dengan ucapan permohonan maaf SYL selaku Menteri Pertanian.

Taqobballahu minna wa minkum shiyamana washiyamakum.


Keluarga Besar Loka Penelitian Kambing Potong Sei Putih mengucakan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Minal Aidin Walfaidzin Mohon maaf lahir dan batin.