JM Hot News - шаблон joomla Окна

Senin, 26 Agustus 2019, Loka Penelitian Kambing Potong  membawa 30 pejantan kambing Boerka dan 200 polybag legum indigofera ke Kabupaten Karo sebagai salah satu program penyebaran teknologi kambing unggul Boerka ke seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di Dinas Pertanian Kabupaten Karo dan dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Karo Cory Sriwati Sebayang, Kepala Loka Penelitian Kambing Potong Dr. Ir. Simon Elieser, M.Si, dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo Ir. Metehsa Karo-Karo. Kegiatan yang dilaksanakan berupa penyerahan kambing unggul Boerka, penyerahan legum indigofera, dan penandatanganan surat perjanjian antara Loka Penelitian Kambing Potong dengan Dinas Pertanian Kabupaten Karo.


Senin, 26 Agustus 2019, Loka Penelitian Kambing Potong  membawa 30 pejantan kambing Boerka dan 200 polybag legum indigofera ke Kabupaten Karo sebagai salah satu program penyebaran teknologi kambing unggul Boerka ke seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di Dinas Pertanian Kabupaten Karo dan dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Karo Cory Sriwati Sebayang, Kepala Loka Penelitian Kambing Potong Dr. Ir. Simon Elieser, M.Si, dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo Ir. Metehsa Karo-Karo. Kegiatan yang dilaksanakan berupa penyerahan kambing unggul Boerka, penyerahan legum indigofera, dan penandatanganan surat perjanjian antara Loka Penelitian Kambing Potong dengan Dinas Pertanian Kabupaten Karo.

Kepala Loka Penelitian Kambing Potong Dr. Ir. Simon Elieser, M.Si berharap Dinas Pertanian Kabupaten Karo dapat meminjamkan ke peternak secara bergantian untuk menghindari resiko terjadinya perkawinan sedarah. Kambing Boerka ini juga akan berganti nama menjadi kambing Galaksi Agrinak, yang merupakan kepanjangan dari Galang, Sei Putih. Dari 30 pejantan Boerka yang mempunyai berat rata-rata 40-50 kg tersebut, ditargetkan dapat mengawini sekitar 500-600 betina. “Semoga kambing Boerka dan legum indigofera yang telah kami hibahkan bisa bermanfaat dan berkembang dengan baik” harapnya.

Wakil Bupati Kabupaten Karo Cory Sriwati Sebayang mengatakan penyediaan kambing unggul Boerka ini telah lama dicanangkan dalam rangka perbaikan genetik kambing di Kabupaten Karo. Kambing Boerka akan dipinjamkan ke peternak selama satu tahun dan akan diatur langsung oleh Dinas Pertanian Kabupaten Karo. Beliau juga mengungkapkan alasan memilih ternak kambing, karena kambing merupakan ternak yang cepat berkembang.

Kabupaten Karo telah merencanakan kerja sama dengan Badan Litbang Pertanian tiga tahun yang lalu, dan baru dapat terlaksana pada tahun ini.