JM Hot News - шаблон joomla Окна

Bangka Tengah 25 Februari 2020, Loka Penelitian Kambing Potong Sei Putih menggelar pemberian Bimbingan Teknis pada peternak penerima hibah kambing Boerka Galaksi Agrinak (BGA) oleh kelompok Ternak Beruas Sejati dan Kelompok Ternak Tani Sejahtera yang dilaksanakan di Desa Beruas Bangka Tengah.

 Bimbingan teknis ini dibuka oleh Bapak Sunaryo (Kepala Bidang Dinas Pertanian Bangka Tengah), Bapak Ahmadi (BPTP Babel), dan Bapak Tomy Arianto (Kepala Desa Beruas). Materi bimbingan teknis disampaikan oleh drh. Anwar dan Antonius, S.Pt, M.Si. Materi mengenai Kesehatan Kambing dan Reproduksi Ternak Kambing disampaikan oleh drh. Anwar. Budidaya pembibitan kambing (BGA) oleh Antonius, S.Pt, M.Si.

 Bimbingan teknis kesehatan ternak yang digelar membahas tentang penyakit yang sering menyerang ternak kambing, bagaimana ciri-ciri bahwa kambing sedang sakit, gejala penyakit dan bagaimana cara pencegahan penyakit, serta bagaimana penanganan terhadap ternak kambing yang sakit.

 Bimbingan teknis reproduksi ternak kambing yang dilaksanakan mengenai apa kelemahan dan keistimewaan beternak kambing, bagaimana prinsip dasar dalam beternak yang meliputi pemilihan calon bibit seperti kesehatan, penampilan, umur, produksi dan reproduksi. Dipaparkan pula mengenai bagaiamana manajemen perkawinan, yang meliputi pengelolaan perkawinan, waktu pelaksanaan perkawinan, proses perkawinan, kebuntingan, kelahiran, dan proses kelahiran. Dilakukan bimbingan pula mengenai peningkatan produktivitas ternak, bagaimana agar ternak kambing berkembang biak dalam waktu singkat, bagaimana tips untuk mengurangi angka kematian, bagaimana mengatur perkawinan ternak, dan mengenali ternak yang tidak produktif.

Bimbingan teknis budidaya pembibitan kambing BGA dibahas mengenai mengapa kita kita memilih untuk beternak kambing, dan apa istimewanya kambing BGA dibanding dengan kambing-kambing yang lain. Apa pentingnya recording dan seleksi, pemilihan produk bibit dan pemeliharaan intensif bagi peternak serta bagaimana sistem pemasarannya. Bagaimana sistem perkawinan yang bisa dilakukan oleh peternak. Bagaimana manjemen pakan, manajemen pemberian pakan dan jenis pakan yang bisa dilakukan oleh peternak. Dan dipaparkan pula mengenai teknologi pakan konvensional kepada peserta bimbingan teknis.

 Pengecekan nomor ternak kambing langsung dilaksanakan di kandang peternak agar tidak terjadi perkawinan sedarah.

 Secara keseluruhan bimbingan teknis yang diadakan berjalan lancar dan interaktif. Peternak terlihat antusias dalam mengembangkan kambing BGA dan sangat tertarik untuk ikut mengembangkan kambing BGA dengan pertambahan bobot badan 2,5 kg perbulan seperti yang telah dilaksanakan di Loka Penelitian Kambing Potong bahkan kadang bisa melebihi dari itu.