JM Hot News - шаблон joomla Окна

Dalam rangka mendukung mata kuliah Tatalaksana Padang Penggembalaan Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara (USU) mengadakan kegiatan field trip di Loka Penelitian Kambing Potong yang dilaksanakan selama satu hari (05 Maret 2020). Sebanyak 99 Mahasiswa mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan ini langsung ditanggungjawabi oleh dua orang Dosen Pengampu Prodi Peternakan USU yaitu Dr. Nevy Diana Hanafi, S.Pt, M.Si dan Achmad Sadeli, S.Pt, M.Sc.

 Field trip ini dimaksudkan sebagai metode yang digunakan sebagai cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak mahasiswa ke suatu tempat atau obyek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari dan meninjau objek pengajaran secara langsung. Loka Penelitian Kambing Potong menyambut baik maksud dan tujuan dari kegitan ini.

Kegiatan ini dibuka oleh Master Ceremony (Silvia Nova, ST), penyampaian Kata Sambutan oleh  Koordinator Jasa Penelitian (Muhammmad Syawal, S.Pt, M.Si), kemudian di lanjutkan dengan pemaparan maksud dan tujuan Fieldtrip oleh Dr. Nevy Diana Hanafi, S.Pt, M.Si selaku Dosen Penanggungjawab fieldtrip, dan pemaparan teknis kunjungan lapangan oleh Koordinator Pelayanan Teknis (Rijanto Hutasoit, SP, M.Si).  

Kunjungan lapang yang dilaksanakan di Lolitkambing, di jangkau pada 5 lokasi, yaitu 1) Acara penyambutan di Aula Lolitkambing; 2) Penunjukan padang penggembalaan Lolitkambing; 3) Kebun Plasma nutfah hijauan pakan ternak; 4) Pabrik pakan; dan 5) Kebun Indigofera.

Selama kunjungan lapang berlangsung, pemateri lapang dipandu oleh Rijanto Hutasoit, SP, M.Si dan Misro Aliandi (selaku penanggung jawab kebun percobaan) dan didampingi oleh Tim Jasa Penelitian bersama Mahyuni Khairiyah Harahap, SP,MP.

Kegiatan berlangsung tertib dan menyenangkan dengan suasana mahasiswa yang sangat kental sehingga masih terasa keakraban, kekompakan, antusias dan rasa keingintahuan yang tinggi dari mahasiswa.

 Mantap merupakan kalimat pertama yang ucapkan oleh Dr. Nevy Diana Hanafi, S.Pt, M.Si sebagai tanggapannya atas field trip yang telah dilakukan di Lolitkambing, dan tak luput rasa terima kasih disampaikan oleh beliau mengingat kegiatan ini menjadi kegiatan yang ke-5 setelah bertahun-tahun kerjasama dengan lolitkambing dan harapannya agar ke depan antara Prodi Peternakan USU dan Lolitkambing bisa membuat kerjasama dalam penelitian. Dan tanggapan dari mahasiswa (Andi dan Abil) mengatakan bahwa mereka sama-sama PUAS DAN SENANG berkunjung ke Lolitkambing.