JM Hot News - шаблон joomla Окна
  • Boerka
    Kambing Pedaging Unggul
  • Integrasi Sawit dan Rumput Stenotaphrum Secundatum

Rabu, 21 November 2018, Loka Penelitian Kambing Potong melakukan Pelatihan Cek Antara (Intermediate Check) Timbangan Elektronik yang dibawakan oleh Bapak Imanuel Waruwu, ST dari Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Medan, Unit Pelaksana Teknis Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindas). Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Tata Usaha, yaitu Bapak Saddat Nasution, S.Pt, MP di aula Loka Penelitian Kambing Potong dan dihadiri oleh seluruh peneliti Loka Penelitian Kambing Potong.

Pelatihan ini dilakukan dalam rangka memenuhi kebijakan KAN-P 16 yang harus dipenuhi khususnya kalibrasi dan peralatan. Kalibrasi, yaitu serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen ukur atau sistem pengukuran, atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur, dengan nilai-nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu.

Bapak Imanuel Waruwu, ST menjelaskan cek antara dilakukan untuk memelihara keyakinan pada kinerja peralatan dengan pemeriksaan yang harus dilakukan sesuai dengan prosedur. Peralatan pengukuran harus dikalibrasi jika kelebihan pengukuran atau ketidakpastian pengukuran mempengaruhi keabsahan hasil yang dilaporkan, serta jika kalibrasi peralatan diperlukan untuk menetapkan ketelusuran metrologi dari hasil yang dilaporkan.

Beliau juga memaparkan beberapa manfaat kalibrasi, jenis timbangan elektronik berdasarkan daya bacanya, tahapan-tahapan cek antara, dan pengkondisian ruangan, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab.