JM Hot News - шаблон joomla Окна
  • Boerka
    Kambing Pedaging Unggul
  • Integrasi Sawit dan Rumput Stenotaphrum Secundatum

Temu Lapang dan Lounching Demfarm Siwab Mandiri diadakan di Kabupaten Langkat tepatnya di Desa Pasiran, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat pada tanggal 10 Desember 2018. Dihadiri oleh beberapa peneliti Loka Penelitian Kambing Potong, beberapa Kelompok Tani Ternak (KTT) yakni Kelompok Tani Sekata, Kelompok Tani Jaya dan Kelompok Tani Subur Jaya, dan ikut dimeriahkan oleh masyarakat sekitar.

Acara tersebut diawali dengan pengenalan pembuatan silase pelepah sawit yang dipandu oleh Bapak Dr. Simon P. Ginting, M.Sc. Kemudian pembukaan oleh Kepala Loka Penelitian Kambing Potong (Dr. Ir. Simon Elieser, M.Si) sekaligus mempresentasekan progres Demfarm Siwab Mandiri Langkat. Progres yang telah dilakukan dalam kegiatan Demfarm Siwab Langkat diantaranya sudah menyebarkan bibit RGK (Rumput Gajah Kerdil) hampir 30.000 stek, bibit Indigofera Gozoll Agribun 2000 bibit dan juga melatih dalam pengembangan Indigofera tersebut. Bapak Dr. Ir. Simon Elieser, M.Si mengharapkan agar petani dapat menjadi sumber bibit, agar peternak desa Pasiran menjadi contoh bagi daerah-daerah lainnya, dan diharapkan apa yang sudah dikerjakan dalam memperbaiki gangguan reproduksi dan malnutrisi jangan sampai berhenti. Adapun bantuan yang telah diberikan kepada peternak adalah 40 ekor sapi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian dan 8 ekor sapi dari Pemprovsu.

Kemudian kata sambutan dari Ketua Kelompok Tani (Bapak Junaidi), Ibu Camat Gebang (Dra. M. Tuti Hendarsih S.), Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Langkat (diwakili oleh H. Supriyadi, SP), dan Kepala BPTP Sumut (Dr. Khadijah El Ramija, S.Pt, MP), dan Kepala Balitvet Medan (drh. H. Agustia, M.P). Dilanjutkan arahan dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut (Ir. Dahler M, MA) dan peresmian Demfarm oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan yang diwakili oleh Bapak Prof. Dr. drh. Sjamsul Bahri, MS dengan melakukan pemotongan tumpeng dan pengalungan bunga ke anak sapi hasil IB di lokasi Demfarm.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman juara dan pemberian hadiah lomba "Kebun Hijauan Pakan Ternak" yang dipandu oleh juri utama Dr. Simon P. Ginting, M.Sc dan anggota juri drh. Ashadi (Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Langkat) dan dra. Khairiah (BPTP Sumut). Adapun hadiah yang diberikan kepada peternak, yaitu juara pertama 1 ekor kambing Boerka dengan berat badan 40 kg, juara kedua 1 ekor kambing Boerka dengan berat badan 35 kg, dan juara ketiga 1 ekor kambing Boerka dengan berat badan 30 kg. Acara ditutup dengan budaya lokal parade penggembalaan sapi.