JM Hot News - шаблон joomla Окна

Dalam rangka pencapaian swasembada pangan nasional melalui upaya khusus padi, jagung, dan kedele (Upsus Pajale) khususnya di Kabupaten Batubara yang masih belum mencapai target, maka diadakan koordinasi dan pembinaan upsus pajale pada hari Selasa-Kamis, 25-27 September 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Batubara beserta tim Upsus Pajale Kabupaten Batubara sebanyak 15 orang dengan tujuan untuk mempercepat pencapaian target LTT (Luas Tambah Tanah) pada pajale dengan dua unsur, yaitu peningkatan IP (Indeks Pertanaman) dan penambahan areal pertanaman.


Kabupaten Langkat merupakan salah satu kabupaten penyumbang beras terbesar di Sumatera Utara. Kabupaten ini telah berhasil swasembada pangan secara berkelanjutan, sektor pertanian sangat berperan penting di 23 kecamatan di Langkat.
Kali ini panen dilakukan di Langkat Hulu, tepatnya di kecamatan Selesai Desa Padang Tualang Poktan Sri Kandi, varietas yang digunakan yaitu Ciherang dengan hasil sekitar 7,2 ton/ha, luas panen 5 ha pada hamparan 30 ha.

Desa Padang Tualang merupakan wilayah UPSUS PAJALE, saat ini petani setempat telah merasakan dampak positi dari kegiatan UPSUS, Desa Padang Tualang berpengairan sawah irigasi teknis dan petani setempat telah menanam tiga kali dalam setahun. Menurut PPL Kecamatan Selesai, Ibu Juli bahwa harga rata-rata GKP Rp 5.200/kg dan harga beras Rp 9.500/kg. BPTP Sumut melalui LO menyampaikan pentingkan pergiliran varietas untuk memutus rantai hama penyakit pada pertanaman dan penggunaan varietas unggul Balitbangtan uga dapat meningkatkan hasil produksi, selain itu penerapan sistem tanam jajar legowo 2:1 dapat memberikan kemudahan petani dalam pemeliharaan tanaman, penyerapan cahaya matahari uga dapat diterima dengan optimal.