JM Hot News - шаблон joomla Окна

Migrasi dan Bimtek Aplikasi Perpustakaan

Migrasi Data dan Bimbingan Tenis Aplikasi Perpustakaan dari Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian ke Loka Pertanian Kambing Potong Sei Putih.yang telah dilaksanakan pada Jumat (8/4/2022) Tim dari Pusat perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Bogor yaitu bapak Moh.Afrillian Ramadhan,S.Kom dan Slamet Sutriswanto, A.Md berkunjung ke Loka Pertanian Kambing Potong Sei Putih.Dalam rangka mengadakan pembinaan kepada pengelola perpustakaan ke Loka Pertanian Kambing Potong Sei Putih (Rosa Rita Pinem,S.Sos) dan di Koordinir oleh Kepala Loka Dr.Ir.Fera Mahmilia,MP serta Kepala bagian Tata Usaha Saddat Nasution, S.Pt.MP dan disambut oleh Koordinator Jaspen Muhammad Syawal,S.Pt.M.Si.

Migrasi Data dan Bimbingan Tenis Aplikasi Perpustakaan dilakukan sebagai upaya mendukung peningkatan pengelolaan perpustakaan dan penyebaran di UK/UPT limgkup Kementerian Pertanian (Kementan) dengan melakukan entri data bibliografi Karya Cetak Karya Rekam (KCKR) yang diterbitkan ke dalam aplikasi Inlislite dan Repository. Selama ini data KCKR di Uk/UPT masih berada di aplikasi lain dan belum online ke Pusat Data Bogor, maka perlu dilakukan penyeragaman pada aplikasinya menjadi Inlislite dan Repository. Sehingga dibutuhkan pembinaan dan bimbingan dari Pustaka Bogor dengan mengadakan Migrasi data dan Bimbingan Tenis Aplikasi Perpustakaan dengan tujuan untuk mengambil dan mengupload data pustaka ke Loka Pertanian Kambing Potong menjadi online. Data dapat di Download dan dilihat di https://repository.pertanian.go.id

Tujuan dilaksanakan Migrasi Data dan Bimbingan Tenis Aplikasi Perpustakaan ini dengan maksud pengembangan dan Pengelolaan Perpustakaan kementerian Pertanian tahun 2022 yang mengarah kepada "Smart Library Tingkatkan Kinerja Dan Inovasi Kepustakawanan serta Minat Baca kepada Pengguna". Dan tujuan khususnya adalah meningkatkan wawasan dan pengetahuan pustakawan dan pengelolaan  perpustakaan tentang trend perkembangan pengelolaan perpustakaan kedepan, juga meningkatkan kemampuan peserta dalam mengelola koleksi menggunakan aplikasi Inlislite dan Repository.

 

 

Kontributor   : Sri Agustina Purba,A.Md

Editor          : Muhammad Syawal,S.Pt.M.Si

 

KELUARGA BESAR LOKA PENELITIAN KAMBING POTONG MENGUCAPKAN 

SELAMAT MEMPERINGATI ISRA' MI'RAJ NABI MUHAMMAD 

27 RAJAB 1443 H

Jakarta, 1 Maret 2022. Menteri Pertanian, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH. menghadiri Pembekalan dan Orientasi CPNS Kementerian Pertanian Formasi Tahun 2021.

Kementerian Pertanian menggelar acara tersebut secara langsung dari Auditorium Gedung F Kantor Pusat Kementerian Pertanian serta melalui video conference di unit kerja penempatan masing-masing.

Diikuti oleh 745 orang peserta CPNS. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan dengan menunjukkan surat keterangan swab Antigen atau swab PCR dengan hasil negatif (masa berlaku swab antigen maksimal 1x24 jam), swab PCR maksimal 3x24 jam sejak tanggal tes dilakukan), menggunakan masker dan/atau face shield, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Lolitkambing mendapat sebanyak 5 formasi CPNS tahun anggaran 2022. Materi Pelaksanaan Pembekalan dan Orientasi yang dilaksanakan di unit kerja penempatan, yaitu: Pengenalan struktur organisasi, tugas dan fungsi unit kerja serta tugas pokok CPNS sesuai jabatannya; Pengenalan lingkungan tempat kerja dan aplikasi-aplikasi yang digunakan; Pengenalan budaya kerja dengan core value ASN "BerAKHLAK" (Berorientasi, Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif); Melakukan internalisasi terkait sistem kerja, disiplin, etika dan integritas; Hal-hal lainnya yang perlu dikenalkan dan disampaikan kepada CPNS.

Menteri Pertanian (Mentan), SYL memberikan sambutan dan arahan dalam kegiatan ini. SYL menyampaikan, saat ini ada PNS baru yang akan meneruskan aspirasi masyarakat. Sebanyak 745 orang akan bertanggung jawab atas makan orang-orang. PNS yang mengerti akan jabatan dan tugasnya sebagai PNS, maka dia akan menjadi seseorang yang balasannya dunia akhirat. Kalau kau bertugas dengan baik atas nama negara, kau masuk surga karena kau pikirkan orang lain, tuturnya.

Dalam arahannya, Mentan SYL menyampaikan, "Kunci menjadi harmoni dalam hidup, yaitu: kuasai tupoksimu; temukan target sesuai harapan dan kebutuhan organisasi dimana kau berada; pimpin dirimu di dalam bekerja karena kau bukan anak manja lagi yang harus dibangunkan ibumu; taat pada pimpinanmu sesuai aturan; pimpin dirimu menjadi orang baik; learning and learning; dan disiplin, ucapnya".

Sebagai penutup, Mentan SYL mengatakan, "Selamat anak-anakku semuanya. PNS itu orang yang diandalkan oleh negara dan rakyat. Selamat bertugas,, Ridha Allah bersama kita semua!!, haturnya".

 

Kontributor: Silvia Nova

Editor: Ivoni C. Sembiring

Sei Putih, Februari 2022. Kepala Bagian Tata Usaha Puslitbangnak, Ir. Narta, M.Si melakukan kunjungannya ke Lolitkambing. Kunjungan tersebut dihadiri oleh seluruh ASN Lolitkambing.

Dalam kunjungannya, Bapak Ir. Narta, M.Si menyampaikan sosialisasi tentang PP No. 94 tahun 2021 mengenai disiplin pegawai negeri sipil serta penyampaian hasil rapat koordinasi SINERGI tahun 2021 dan 2022.

Penyampaian PP No. 94 tahun 2021, dilaksanakan berdasarkan dasar hukum UU 5 Tahun 2014 tentang ASN, mencakup Disiplin PNS, Pelanggaran Disiplin, Hukuman Disiplin, Kewajiban PNS dan Larangan PNS.

Sedangkan penyampaian hasil Rapat Koordinasi SINERGI Tahun 2021 dan 2022 yang dilaksanakan oleh Biro Organisasi dan Kepegawaian, Ir. Narta, M.Si menyampaikan Pengelolaan Kinerja Pegawai 2021 by Modul SINERGI dan Penyusunan Rencana SKP 2022.

Ir. Narta, M.Si menyampaikan, ''Untuk menjamin terpeliharanya tata tertib dalam kelancaran pelaksanaan tugas, PNS wajib mematuhi disiplin PNS, tuturnya."

 

Kontributor: Silvia Nova

Editor: Ivoni C. Sembiring